Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Baca juga info : kursus bahasa inggris

Di era globalisasi yang dipenuhi tantangan dan persaingan sangat ketat, setiap orang dituntut tidak hanya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, namun juga diwajibkan memiliki kemampuan khusus, biasa disebut skill. Salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini adalah bahasa Inggris. Di mana bahasa Inggris telah ditentukan untuk menjadi salah satu bahasa internasional sebagai bahasa verbal untuk berkomunikasi. Juga sebagai bahasa universal pengajaran yang digunakan di hampir setiap penjuru dunia.
Setiap orang berkewajiban untuk bergulat dalam dunia global jika ingin tumbuh dan tidak berjalan di tempat yang sama. Dengan menguasai bahasa Inggris, orang bisa berkomunikasi lebih jauh sehingga wawasan teknologi informasi akan semakin terbuka. Begitu pula dengan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris adalah salah satu modal besar untuk melangkah di dunia dan menghadapi kemajuan teknologi yang selalu bergerak maju. Di negara berkembang seperti Indonesia, bahasa Inggris sebagai peran vital dalam semua aspek kehidupan, terutama di bidang sains dan teknologi. Hal lain, dapat digunakan untuk mengembangkan hubungan di forum internasional dan untuk memperkuat hubungan antara bangsa-bangsa di dunia.
Makalah ini akan menunjukkan betapa pentingnya bahasa Inggris di era globalisasi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia pendidikan, teknologi, dan bisnis. Mengingat pentingnya bahasa Inggris yang digunakan hampir di seluruh dunia, semua orang ingin bahasa Inggris yang sesuai sebagai bahasa mereka sendiri. Entah sebagai bahasa ibu atau bahasa kedua.

PENGANTAR

Bahasa dalam kehidupan sosial adalah rangkaian utama yang menyoroti pentingnya bahasa untuk memahami isu-isu kepedulian sosial dan profesional (Fairclough, 1989). Bahasa sebagai media komunikasi antara orang yang bukan hanya dari negara yang sama, tapi juga antar negara yang memiliki bahasa yang berbeda. Dari situ, terbentuk bahasa internasional seperti bahasa Inggris sebagai bahasa pemersatu yang hampir digunakan di seluruh dunia. Caine (2008) telah mencatat bahwa bahasa Inggris digunakan di seluruh dunia sebagai bahasa pertama, kedua, bahasa asing atau bahasa lainnya. Jelas bahwa bahasa Inggris telah menjadi lebih dominan di seluruh dunia.


Baca juga info : info kursus bahasa inggris
 


Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa penting di dunia ini. Ini adalah bahasa internasional yang diucapkan di banyak negara baik sebagai bahasa asli dan bahasa kedua atau asing. Hal ini diajarkan di sekolah di hampir setiap negara di dunia ini. Fakta bahwa bahasa Inggris sekarang adalah bahasa internasional utama yang tak terbantahkan. Dalam semua aspek kehidupan internasional - perdagangan, sains, diplomasi, pendidikan dan perjalanan - bahasa yang umum adalah bahasa Inggris dan telah berlangsung selama beberapa dekade. Ada dua alasan utama mengapa bahasa Inggris adalah lingua franca saat ini; sejarah politik dan ekonomi. Namun, Crystal (1997) berkomentar bahwa bahasa bisa menjadi bahasa internasional karena bersifat geografis-historis dan sosio-kultural.
Salah satu alasan utama mengapa bahasa Inggris adalah bahasa internasional di dunia saat ini adalah kenyataan bahwa Inggris adalah negara adikuasa global di abad kesembilan belas dan Amerika adalah negara adikuasa global di abad ke dua puluh dan dua puluh satu. Misalnya, kedua negara berbahasa Inggris ini adalah negara yang paling penting dalam hal militer dan perdagangan. Dengan menaklukkan dan menjajah jumlah dunia, adat istiadat, budaya dan cara hidup mereka menjadi umum di belahan dunia ini. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak bekas koloni Inggris sekarang memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa nasional, dengan banyak orang mereka berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama.
Alasan lain penyebaran bahasa Inggris adalah ekonomi. Dengan menjadi negara adidaya politik dan militer global, kedua negara ini juga menjadi negara perdagangan terkemuka dan banyak negara dan wilayah yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris untuk berdagang dengan mereka. Amerika Serikat saat ini merupakan mitra dagang utama dengan hampir semua negara di planet ini karena ukuran ekonomi konsumen. Ini menjelaskan mengapa di banyak negara, bahasa Inggris adalah subjek wajib di semua tingkat di sekolah.
Oleh karena itu, faktor-faktor sejarah politik dan keuangan adalah alasan terpenting mengapa bahasa Inggris adalah bahasa global saat ini.



Peran Bahasa Inggris dalam Kehidupan Sehari-hari

Bahasa adalah sarana ekspresi pikiran, emosi, tindakan dll. Ada banyak bahasa di dunia ini dan semua orang tidak berbicara semua bahasa. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam Bahasa Internasional dan jika dipelajari, ini bisa membuat orang lebih dekat, hal itu dapat membuat bisnis dan negosiasi menjadi lebih mudah, dan ini dapat membantu orang berkomunikasi dengan orang lain dari semua budaya di seluruh dunia.
Bahasa Inggris dipelajari di mana-mana karena orang telah mengetahui bahwa pengetahuan tentang bahasa Inggris adalah paspor untuk karir yang lebih baik, gaji yang lebih baik, pengetahuan lanjutan, dan komunikasi dengan seluruh dunia. Bahasa Inggris juga dipelajari untuk literatur yang dimilikinya, dan untuk variasi dan pengalaman yang kaya yang diberikannya. Industri pendidikan juga menyadari pentingnya peran bahasa Inggris di Indonesia, di mana sekolah internasional telah ditemukan di hampir setiap provinsi. Kurikulum bahasa Inggris telah dikembangkan dan diperbarui setiap tahun agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Pada priode ini, tak terbantahkan pentingnya bahasa Inggris, terutama di Asia yang akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Begitu pula di Indonesia, bahasa Inggris akan tetap memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan pentingnya bahasa Inggris seperti meningkatkan kemampuan global, dimana jika pemahaman bahasa Inggris cukup baik maka seseorang akan bisa mengerti tentang kondisi era globalisasi karena ada banyak istilah asing yang telah digunakan. . Juga meningkatkan potensi dan kualitas diri. Seseorang yang memiliki keterampilan berbahasa asing biasanya akan lebih percaya diri di ruang publik, selain mendukung standar hidup yang lebih baik dengan kualitas dan kemampuan sendiri. Peran lain dari pentingnya bahasa Inggris adalah memperluas jaringan internasional. Tidak diragukan lagi bahwa seseorang yang memiliki kemampuan bahasa asing akan bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik di seluruh dunia.
Untuk menyimpulkan, salah satu alasan mengapa poeple harus belajar bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari karena bahasa Inggris adalah peralatan penting untuk memiliki pekerjaan. Di era ini, banyak orang menganggur meski mereka memiliki gelar. Itu karena mereka tidak memiliki soft skill.

Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Bahasa Inggris sekarang bukan lagi hal yang sangat tidak biasa, tapi bahasa Inggris telah menjadi norma terutama di era globalisasi. Mampu berbicara dengan baik dan lancar bahasa Inggris tidak lagi menjadi nilai tambah, namun sudah menjadi tuntutan atau kebutuhan bagi setiap orang di era globalisasi saat ini. Ini karena pengaruh bahasa Inggris di hampir semua aspek dalam kehidupan.
Bahasa Inggris tidak hanya sebagai persyaratan akademis untuk penguasaan terbatas dalam aspek pengetahuan bahasa, tapi juga sebagai bahasa sains dan teknologi. Artinya bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dan diekstrak dalam sains dan teknologi. Sepertinya sebagian besar menggunakan bahasa Inggris, dan bahkan beragam dokumen dan pedoman teknis untuk penggunaan dan peningkatan perangkat yang bisa berbahasa Inggris. Menurut penelitian yang telah dicatat oleh Maurais dan Morris (2003), bidang sains dan teknologi juga mengandalkan bahasa Inggris. Dari satu miliar dokumen di situs web pada tahun 1999, sebesar 86,5% digunakan dalam bahasa Inggris.
Bahasa Inggris juga digunakan untuk bekerja sama dalam dunia bisnis dengan pengusaha dari berbagai negara. Kesempatan kerja bagi seseorang yang menguasai bahasa Inggris terbuka lebar untuk menyambut kerja sama di perusahaan atau organisasi swasta atau instansi pemerintah, juga bisa mendapatkan posisi yang baik di perusahaan atau institusi tersebut. Hal ini mempersulit seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang lumayan tanpa keterampilan berbahasa Inggris. Dalam dunia bisnis yang semakin global, sejumlah perusahaan lokal termasuk perusahaan Indonesia telah memasuki dunia perdagangan dan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama, dan pada puncak perusahaan internasional yang memasuki perdagangan lokal karena penggunaan bahasa Inggris bahasa bisnis yang semakin dirasakan sebagai kebutuhan.
Bahasa Inggris akan menjadi lingua franca internasional setidaknya selama lima puluh tahun ke depan dan tidak ada bahasa tunggal yang menempati posisi monopoli pada abad kedua puluh (Graddol, 1997). Sebagai lingua franca internasional, bahasa Inggris tidak hanya disebut media komunikasi global, namun juga memainkan peran yang lebih penting dalam pendidikan, bisnis, diplomasi, teknologi, perdagangan, industri, perbankan, komputasi, kedokteran, penerbangan, teknik, budaya, sosial. instruksi, bahkan dalam semua aspek kehidupan.
Melihat kenyataan, kemampuan bahasa Inggris akan menjadi faktor penyumbang kesuksesan dalam bidang akademik dan pekerjaan. Oleh karena itu, di era globalisasi ini penting untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kebanyakan orang percaya bahwa era globalisasi sangat penting untuk menguasai setidaknya bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Klaim lain bahwa jika tanpa penguasaan bahasa Inggris itu baik, sebuah negara tidak akan maju.


 


KESIMPULAN

Bahasa adalah perangkat komunikasi yang paling krusial, dan sekarang bahasa Inggris telah mendominasi semua aspek dalam hal komunikasi. Hampir semua perangkat elektronik menggunakan bahasa Inggris. Sebagian besar negara di Asia juga menggunakan bahasa Inggris sebagai media pengajaran dan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasional mereka. Bahasa Inggris adalah 'Lingua Franca' global yang paling sering digunakan oleh dunia. Di sisi lain, bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal yang digunakan dalam dunia teknologi, pendidikan, bisnis, perdagangan, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya bahasa Inggris penting untuk dipelajari dan dikuasai agar bisa berkompetisi dan menghadapi era globalisasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

18 Gagasan sarapan yang Cepat dan Sehat

Bagaimana cara mengingat apa yang anda baca